Hubungan Administrasi Organisasi dan
Manajemen
Pengertian administrasi
Pengertian Administrasi itu dapat ditinjau dari tiga sudut:
Pengertian Administrasi itu dapat ditinjau dari tiga sudut:
- Administrasi
dalam arti Institutionil, yang mana administrasi dimaksudkan sebagai
keseluruhan orang/kelompok orang-orang yang sebagai suatu kesatuan
menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
- Administrasi
dalam arti fungsionil, yang dimaksud dengan fungsionil ialah segala
kegiatan dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan (termasuk juga
didalamnya tindakan untuk menenyukan tujuan itu sendiri, atau dengan kata
lain bersifat melihat kedepan, artinya melihat kepada pencapaian tujuan
pada masa yang akan datang.
- Administrasi
sebagai proses, sebagai proses administrasi berarti keseluruhan proses
yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan
sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapainya
suatu tujuan.
Pengertian organisasi
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi
- Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang
melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan
bersama.
- James
D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan
manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester
I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem
aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen
P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial
yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus
untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengertian manajemen
Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
Unsur- unsur administrasi
Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
Unsur- unsur administrasi
- Organisasi
Organisasi adalah
sistem usaha kerjasama sekelompok orang yang terikat secara formal untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
- Manajemen
Manajemen adalah
kemampuan manajer untuk menggerakkan orang dan mengerahkan segenap fasilitas
yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya
- Komunikasi
Komunikasi adalah
proses penyampaian informasi atau berita dari satu pihak ke pihak lain sehingga
timbul adanya timbal balik dan saling pengertian
- Kepegawaian
Kepegawaian adalah suatu proses untuk
merencanakan, mengembangkan, dan memelihara potensi-potensi yang ada pada
manusia untuk mencapai tujuan.
- Perbekalan
Perbekalan adalah
kegiatan mengadakan, mendayagunakan dan memelihara sarana, prasarana, yang
sudah tidak layak digunakan
- Keuangan
Keuangan adalah
proses yang berkenaan dengan pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan
pertanggungjawaban tentang uang.
- Ketatausahaan
Ketatausahaan
adalah proses menghimpun, mencatat, mengolah, mengirim dan menyimpan
bahan-bahan informasi
Hubungan timbal balik administrasi, organisasi dan manajemen
Hubungan timbal balik administrasi, organisasi dan manajemen
- Pendapat tentang
administrasi yang terdiri atas organisasi dan manajemen.
- Berdasarkan pendapat
tersebut, administrasi mempunyai arti yang lebih luas daripada manajemen.
- Administrasi sesuai dengan
prosesnya ialah menentukan tujuan dan kebijaksanaan, sedangkan organisasi
sebagai wadah untuk mencapai tujuan.
- Untuk merealisasikan tercapainya
tujuan diperlukan manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar