Rabu, 07 Oktober 2015

Makalah Film (I'm Not Stupid Too)


MAKALAH FILM I’M NOT STUPID TOO


NAMA : MEIDY THANIA

KELAS : XI – PS

TUGAS : BAHASA INDONESIA

 

IDENTITAS FILM

 

Judul: I’m not stupid too

Sutradara : Jack Neo

Produser  :

·       Chan Pui Yin

·       Seah Saw Yam

Penulis :Jack Neo

Pemeran :

·       Jack Neo

·       Huang Yiliang

·       Xiang Yun

·       Ashley Leong

·       Shawn Lee

·       Joshua Ang

Studio :MediaCorp Raintree Pictures

Distributor  :United International Pictures

Durasi   :124 menit

Tanggal Rilis : 26 Januari 2006

Negara : Singapura

Bahasa :Inggris, Mandarin, Hokkian

 

 

KATA PENGANTAR

 

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang Mengamati film yang berjudul “I’m not Stupid too”. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Casmirah selaku Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas ini kepada saya.      

        

       Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan pemikiran mengenai masalah-masalah dalam keluarga, terutama masalah-masalah dalam keluarga yang berada dalam era modern dalam interaksi anak dengan orang tua.

 

       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

 

 

 

                                                                                                

Jakarta, 07 Maret 2015

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Identitas Film………………………………………………………………………2

Kata Pengantar……………………………………………………………………3

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………

         a.Latar Belakang……………………………………………………………5

         b.Tujuan………………………………………………………………….…6

         c.Manfaat……………………………………………………………...……6

BAB II ISI……………………………………………………………………………

          a. Isi…………………………………………………………………………7

         a.Sinopsis……………………………………………………………………12

         b.Kelebihan dan kekurangan ………………………………………………13

 

BAB III PENUTUP………………………………………………………………

         a.Kesimpulan………………………………………………………………15

         b.Saran……………………………………………………………………………15

        

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Teori keluarga berkembang sejak awal abad 1900-an, merupakan aplikasi teori sosiologi dalam institusi keluarga.  Urutan teori keluarga yang berkembang dimulai dengan teori interaksi simbolik (simbolic interactionism) sejak tahun 1918, teori struktural-fungsional (structural functionalism) sejak tahun 1930, teori perkembangan keluarga sejak tahun 1946, teori sistem, teori konflik sosial (social conflict), teori pertukaran sosial (social exchange), dan teori ekologi manusia (human ecology) sejak tahun 1960, serta teori konstruksi sosial (social construction of gender) sejak tahun 1980 (Boss, Doherty, LaRossa, Schumm, & Steinmetz, 1993).

Kajian keluarga dalam film I’M not Stupid Too melihat konlik dalam keluaraga sebagai sebuah realita dalam keluarga yang bisa di jelaskan dengan salah satu tokoh teori sruktural fungsional yang melihat bahwa perlunya agil dalam membentuk keluarga yang harmonis. Agil  menjadikan adanya kunci dari suatu permasalahan yang dapat memicu suatu ke seimbangan. Agil di dalam suatu keluarga sering tida terjadi yang akhirnya menjadikan adanya tidak berjalannya fungsi dan peranan di dalam keluarga. Yang terlihat dalam film I’m Not Stupid Too bahwa tidak adanya AGIL menajdikan keluarga mereka memiliki permasalahan antara anak dan orang. Hal ini menjadikan ketegangan antara anak dan orang tua namun nantinya dengan adanya AGIL akan membetuk sebuah perbaikan dalam keluarga.

 

 

 

 

 

 

B. TUJUAN

Film tersebut menceritakan tentang cara mendidik pada lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga yang salah. Hal itu menyebabkan peserta didik  menjadi seseorang yang menganggap bahwa dirinya tidak berguna dan akhirnya menjadi pemalas, suka melakukan sesuatu dengan seenaknya sendiri bahkan sampai bergaul dengan kelompok berandalan yang membuat dirinya terlibat dalam peristiwa kriminalitas.

 

 

C. MANFAAT

Berikan sedikit pujian karena semua orang butuh pujian. Dalam diri setiap anak ada sisi baik dan sisi jelek. Carilah sisi baik dari setiap anak tersebut jangan terlalu sering melihar dari kejelekan anak tersebut. Dan dari pujian itu akan menumbuhkan semangat kepada seseorang untuk bertindak lebih baik dari tindakan sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

A.  Isi

Film ini bercerita tentang tiga orang anak yang memiliki hubungan buruk dengan orangtuanya. Tom Yeo 15 tahun dan JErry Yeo 8 tahun tak pernah ada kesempatan untuk berbicara dengan ekdua orangtuanya.Ibu mereka bekerja disebuah redaksi majalah terkenal dan ayahnya seorang karyawan di perusahaan gadget ternama. Mereka tak pernah di beri kesempatan untuk mengutarakan pikirannya, setiap hari sebelum sarapan mereka diberi petuah yang bertubi-tubi dan tak diperbolehkan untuk menanggapi ataupun membela diri. Tom pernah menjuarai olimpiade blogger nasional,namun itu sama sekali tak dihargai oleh ibunya yang seornag redaktur majalah best seller.

                                   

 Jerry yang ingin bertanya sesuatu pada ibunya harus menempelkan note di pintu kulkas, dan dijawab ibunya dengan note pula. interaksi dengan ibu mereka hanyalah saat makan dan saat menyuruh mereka belajar,tak peduli apa yang anaknya sedang lakukan. Tom Yeo tumbuh menjadi anak kesepian dan semua isi hatinya ia curahkan di blog, sedangkan Jerry Yeo dengan kepolosannya berusaha memahami kondisi keluarganya yang sungguh sulit dimengerti olehnya. ia Minta ayahnya membantunya mengerjakan PR, tapi ayahnya malah sibuk menelpon rekan bisnis dengan membicarakan uang.

Adapula Chengcai, ayahnya seorang mantan pegulat yang menderita cacat di kakinya karena pekerjaannya di masa lalu. Padahal Chengcai sangat menyukai bruce lee dan bela diri, namun ayahnya melarang karena ia tai mau Chengcai bernasib sama seperti dirinya. Namun Chengcai tak bisa mengerti keinginan ayahnya karena Ayahnya selalu mendidiknya dengan pukulan, tamparan, teriakan, dan hujatan. Chengcai tumbuh jadi anak pemberontak dan suka berkelahi hingga ia dikeluarkan dari sekolah.

          Chengcai dan Tom YEo adalah teman skelas, Chengcai sering menolong Tom saat Tom mengalami masalah dengan para preman. Namun kemudian karena merasa kekurangan kasih sayang dan tak pernah mendapatkan ketentraman di rumah, Chengcai dan Tom akhirnya bergabung dengan komplotan para preman.Sementara Jerry sebenarnya anak yang tidak neko-neko, karena masih SD dia belum mengerti tentang banyak hal. Saat Jerry terpilih menjadi peran utama dalam pertunjukkan di sekolahnya, Jerry dikerjai teman-temannya. Dimulai dari menjorokan Jerry saat dia dan Xiao Xi saling berhadapan hingga mereka tak sengaja kissu. Saat istirahat latihan pertunjukkan, Jerry dan Xiao Xi ditidurkan berdekatan dan saling memeluk, hingga keduanya kaget saat terbangun.

Esoknya Jerry semakin dikerjai teman-temannya dengan mengatakan bahwa Jerry akan menjadi seorang Ayah karena apa yang telah dilakukannya bersama Xiao Xi. Jerry tentu saja tidak percaya, namun teman-temannya mengingatkan apakah Jerry tidak menonton TV semalam, apa yang dilakukan tokoh utama dalam film itu hingga mereka memiliki seorang anak sama dengan apa yang dilakukan Jerry dan Xiao Xi. Dimulai dari berciuman, saling memeluk dan tidur berdampingan.Jerry galau, setiap kali melihat Xiao Xi, dia jadi melihat Xiao Xi yang sedang hamil besar dan mengendong anak. Jerry pun mencoba bertanya pada orang-orang di rumahnya, tentang dari mana bayi berasal. Yati, pembantunya, Ommanya, Ayahnya juga ibunya, tapi jawaban mereka sama, bahwa Jerry akan tahu jika sudah waktunya nanti. Mereka tak tahu bahwa jawaban mereka sangat penting untuk Jerry.

 

Melihat gurunya yang sedang hamil, Akhirnya Jerry bertanya pada gurunya tentang proses terjadinya bayi. Gurunya mencoba menjelaskannya dengan halus, menggunakan istilah ‘cacing’ ayah dan ‘telur’ ibu hingga mengasilkan bayi yang akan berkembang di perut ibu. Tapi saat Jerry bertanya tentang bagaimana ‘cacing’ bisa masuk ke perut ibu, sang guru jadi kebingungan sendiri dan memutuskan pergi meninggalkan Jerry dalam rasa penasaran yang besar. Saat berbalik, Jerry bertemu dengan pria gendut dengan perut buncit, dia bertanya pada pria itu, “Apakah Perutmu juga hasil dari Cacing dan Telur?” Si pria manjawab tentu saja, perutnya ini bahkan hasil dari Ayam, sapi, babi, mie goring, roti, coklat dan minuman bersoda tiap hari.

Jerry pun memastikan lagi pada teman-temannya tentang kehamilan Xiao Xi, mereka berkata itulah yang diperlihatkan acara TV, bukan kan kah apa yang ada di TV tidak pernah salah (*pikiran anak SD*) Jerry pun memberitahu Xiao Xi, bahwa mungkin saja Xiao Xi hamil. Xiao Xi menangis, dia tidak ingin tubuhnya menjadi melar seperti seorang ibu yang sedang hamil yang ditunjuknya. Jerry melihat Ibu hamil yang ditawari Nanas oleh temannya, tapi dia menolak karena takut membahayakan janinnya.Jerry pun mendapat ide bagaimana caranya menggugurkan kandungan Xiao Xi, yaitu dengan makan Nanas. Xiao Xi memakan Nanas, hingga Jerry membawanya ke klinik karena sakit perut. Dokter kaget mendengar pengakuan Jerry bahwa Xiao Xi sengaja memakan banyak Nanas agar bayinya keluar. Dan Bayi itu adalah anaknya, (Aish,, kocak banget itu pas Jerry ngomong kayak gitu) Akhirnya Orang tua Jery dan Xiao Xi datang ke rumah sakit. Saat Itu Jerry sadar jika cara menggugurkan kandungan dengan Nanas hanyalah Mitos^^

Masalah ini tentu saja membuat Orang tua Jerry dipangil dan akhirnya memarahi Jerry habis-habisan. Ujungnya, mereka menjadi bertengkar hebat hingga Ibunya minta cerai. Mereka melakukan itu di depan Jerry. Sementara Tom menguping sambil melakukan taruhan dengan pembantunya bahwa ibunya pasti akan meminta Cerai, jika mereka sedang bertengkar seperti itu.

Jerry Yeo, ia terpilih sebagai lead aktor dalam pementasan drama di sekolahnya dan Bu Guru meminta semua keluarganya datang.,Namun ketika Jerry bertanya adakah orangtuanya memiliki waktu untk menonton pertunjukkan dramanya. Namun, mereka tak pernah mempedulikannya. Jerry merasa iri dengan salah satu temannya yang mengundang seluruh anggota keluarganya untuk menonton pertunjukkan padahal temannya itu hanya berperan sebagai bunga. ia pun melakukan berbagai cara untuk dapat menghadirkan kedua orangtuanya dalam drama sekolah. bahkan ia sampai mencuri uang di kantin sekolah. orangtua Jerry dipanggil pihak sekolah untuk menindaklanjuti hal tersebut. Pulang kerumah mereka langsung memarahi Jerry dan memukul tangannya dengan penggaris, tak peduli Jerry menangis kesakitan. Sang ibu pun hanya memandanginya.” mau kamu apa? semua yang kau inginkan selama ini aku belikan,mengapa kau masih saja mencuri?”tanya sang ayah dengan amarah yang memuncak.“aku..hanya ingin membeli waktu ayah satu jam saja untuk menghadiri pentas dramaku. tapi untuk mencapai 500 dolar, aku harus menunggu sampai tahun depan. Dan saat itu pentas dramaku sudah berakhir.” Kata Jerry sambil menangis.

Sang ayah langsung membeku, penggaris di tangannya terjatuh. Sang ibu langsung memeluk Jerry. mereka bertiga bertangisan.setelah itu ibu dan ayah Jerry pergi ke kamar Tom, mereka melihat tulisan-tulisan Tom di blognya. Ternyata, selama ini Tom merasa sangat kesepian dan tak berharga, ayah dna ibunya tak pernah memperhatikannya. bahkan dia merasa rumah yang ditinggalinya tak lebih dari sebuah tempat dimana ia tidur setiap malam.saat hari pertama sekolah di SMP aku salah naik mobil,sehingga aku tersesat. Aku menelpon ayah untuk menjemputku,tapi ayah bilang dia sedang sibuk dan tak ada waktu. sampai akhirnya aku baru sampai rumah pada larut malam,dan ibu langsung memarahiku.

Ayah dan Ibu Tom menangis membaca semua tulisan TOm di blognya, mereka menyadari kesalahn mereka selamaini. MEreka telah gagal menjadi orangtua.Ayah Jerry berusaha menelpon Tom,namun tak terjawab,sedangkan ia harus pergi ke kantor untuk presentasi di depan kolega dari luar negeri.sementara itu TOm dan Chengcai sedang di kejar-kejar massa karena perbuatan mereka yang menjambret kalung , padahal mereka bermaksud baik mengembalikan kalung tersebut kepada pemiliknya karena mereka menyadari perbuatan mereka itu slah. Namun mereka malah di kejar-kejar untuk di pukuli.

Tom dikejar-kejar dan akhirnya tertangkap,ia meminta untuk dilepaskan namun orang-orang yang memukulinya tak pedul. Hp Tom terjatuh dan secara tak sengaja tombolnya tertekan menelpon ayahnya. Sang ayah yang sdang bersiap presentasi di hadapan kolega menerima panggilannnya, dan melalui faislitas 3G ia melihat Tom ssedang dipukuli. Ia terkejut dan bergegas pergi, namun atasan ayah Tom menahannya karena ia harus presentasi di hadapan klien yang bernilai miliyaran.namun ayah Tom tak peduli,ia memilih di pecat oleh bosnya karena selama ini ia selalu mengacuhkan anaknya.Sesampainya disana ayah Tom langsung bertanya mengapa Tom mencuri,ternyata Tom ditipu oleh teman premannya dan ia harus mengganti sejumlah uang agar tak dijebloskan ke penjara. tiba-tiba polisi datang , ayah Tom memohon kepada si nenek agar memaafkan Tom yang telah berusaha mencuri kalungnya, bahkan ia bersimpuh di hadapan sang nenek.Ayah Tom meminta biar ia saja yang dimasukkan ke penjara asal jangan anaknya, si nenek menjadi bingung sementara polisi sudah ada didekat mereka.ketika polisi bertanya , si nenek berkata bahwa tidak terjadi apa-apa. Dia hanya memberikan laporan palsu,karena itu si nenek lah yang akhirnya dibawa oleh polisi.si nenek berkata pada ayah Tom bahwa ia akan baik-baik saja,dan memebri pesan agar Mr.Yeo menjadi ayah yang baik bagi anak-anaknya.Sedangkan di sisi lain, Chengcai berlari menghindari orang-orang yang mengejarnya ke atas jembatan penyebrangan namun ia  tertangkap dan ia pun dipukuli.

Tak disangka ayah Chengcaiyang sedang berdiri di pinggir jalan melihatnya, ia segera berlari menolong anaknya. Dia membiarkan dirinya dipukuli asalkan Chengcai selamat, Chengcai menatap nanar ayahnya yangs edan di pukuli. Tiba-tiba ayahnya terjatuh dari atas tangga dan kepalanya terbentur ubin dngan sangat keras. Chengcai terkejut,ia segera tersungkur didepan ayahnya yang bersimbah darah.orang-orang yang tadi mengejar dan memukuli Chengcai berkata bahwa mereka tak bermaksud melakukan hal itu.Chengcai tak menjawab,ia terus memanggil ayahnya yang diam tak bergerak.Ayah Chengcai segera dilarikan ke rumah sakit,Ibu Li tetangga mereka menangis mnangis melihat keadaan ayah Chengcai. ia marahmarah pada Chengcai dan mengungkapkan semua yg dilakukan ayah Chengcai untuk dirinya.

” kau tahu? ayahmu telah memohon pada kepala sekolahmu agar mengijinkanmu kembali sekolah,walaupun tak berhasil. Dia telah berkeliling ke 100 sekolah di Singapura ini untuk mendaftarkanmu,ia memintaku untuk membuat surat permohonan kepada sekolah berbahasa inggris dan dicopy sebanyak 163 karena dia tak bisa berbahasa inggris . Dia hanya ingin kamu belajar dengan keras, itu saja .Dia sangat mencintaimu,hanya saja dia tak tahu bagaimana menunjukkannya padamu.”kata Ibu Li,kemudian ia meninggalkan Chengcai sendirian terpaku.Chengcai pun kembali ke sekolah dan memohon kepada kepala sekolah  untuk memberinya kesempatan.dia berjanji akan menjadi anak yang baik,namun kepala sekolah tak menggubrisnya.akhirnya Chengcai pulang dengan lunglai.Chengcai pergi kerumah sakit dan menadapati ayahnya telah siuman, melihat Chengcai mengenakan seragam sekolah ayahnya meras senang. apalagi saat Chengcai berkata bahwa kepala sekolah telah membrinya kesempatan, ayah Chengcai meminta untuk bertemu dengan kepala sekolah untuk mengucapkan terima kasih. TIba-tiba ayah Chengcai tersengal-sengal, Chengcai berteriak memanggil dokter.Chengcai berlari ke sekolah untuk meminta kepala sekolah datang kerumah sakit untuk menemui ayahnya. Namun kepala sekolah memarahinya karena telah nyelonong masuk saat rapat dewan ssekolah.

Chengcai kmbali ke rumah sakit,dokter mengatakan bahwa keadaan ayahnya kritis dan mungkin akan segera meninggal. Chengcai bergegas menemui ayahny, tak disangka kepala sekolah datang bersama gurunya untuk menemui ayah chengcai.kepala sekolah berkata bahwa checngcai sudah diterima kembali di sekolah.tapi ternyata ayah chengcai tahu kalau mereka berbohong.Dia berkata kepada kepala sekolah bahwa kelakuan nakal Chengcai selama ini adalah karena kesalahnnya, dulu ayah Chengcai dibesarkan dalam kekerasan,sehingga ia pun hanya bisa mendidik anaknya dengan kekerasan.terakhir,ia berkata pada Chengcai” nak,jika kau menyukai bela diri. Jadilah atlit internasional yang menjuarai olimpiade dunia. ayah mencintaimu….” setelah itu ayah Chengcai meninggal.semenjak itu keadaan menjaid brubah,ayah dan ibu Tom lebih pduli kepada Tom dan adiknya, ibu Tom mengundurkan diri dari perusahaannya. mereka jauh lebih perhatian pada anak-anaknya. Chengcai diterima kembali di sekolah dan ia berlath keras menjadi atlit bela diri sehingga ia berhasil menjadi atlit beladiri internasional. semua demi memenuhi pesan terakhir ayahnya.

 

 

B.Sinopsis

Film yang berjudul Im Not Stupid Too ini merupakan sebuah film yang diproduksi di Singapura pada tahun 2006. Film ini menceritakan sebuah kisah dimana ada dua orang saudara kandung yang bernama Tom dan Jerry. Tom ini berusia 15 tahun sedangkan Jerry berusia 8 tahun. Mereka tinggal bersama kedua orang tuanya, neneknya serta seorang pembantu (Yati). Kedua orang tua Tom dan Jerry sangatlah sibuk dengan pekerjaan masing-masing mereka. Sehingga mereka kekurangan perhatian dari kedua orang tuanya. Terkadang mereka berkomunikasi dengan orang tuanya dengan menggunakan kertas / notes yang ditempel di atas kulkas. Ada pun notes dari Jerry yang terjatuh, karena hanya ditulis dengan selembat tisue. Dan tidak sempat dibaca oleh ibunya Jerry, karena terlau keras menutup kulkas.

          Pada suatu hari sekolah Jerry mengadakan sebuah konser, dan dimana Jerry terpilih menjadi peran utamanya. Mereka pun latihan untuk konser tersebut bersama gurunya Mrs Leow. Pada saat Jerry dan teman-temannya sedang latihan. Ada beberapa diantara teman Jerry yang jahil. Jerry dan salah satu teman perempuannya yang bernama Xiao Xi sedang berhadap-hadapan, kemudian teman-temannya yang jahil itu sengaja mendorong Jerry dari belakang dan tidak sengaja mencium bibir Xiao Xi. Keesokan harinya tingkah laku temannya pun semakin menjadi, mereka malah menakut-nakuti Jerry. Mereka berkata kalau Xiao Xi akan hamil. Jerry pun merasa takut dan bingung harus berbuat apa. Kemudian Jerry melihat ibu-ibu yang sedang makan nanas, lalu Jerry pun membelikan Xiao Xi nanas yang sangat banyak untuk dimakannya, supaya tidak hamil. Sampai-sampai perut Xiao Xi pun sakit dan dibawa ke dokter.

Karena ayahnya Jerry sangat sibuk, sampai hati dia berpikir mengumpulkan uang untuk menyewa ayahnya sebesar 50$ singapura. Sampai akhirnya Jerry pun berpikir untuk mencuri uang yang dilihatnya dikantin, supaya ayahnya mau datang ke konsernya Jerry.

Sedangkan kakaknya si Tom harus dihukum cambuk di depan semua teman-temannya karena menyembunyikan video porno punya temannya Cheng Cai. Dan akhirnya Cheng Cai pun harus di drop out dari sekolahnya karena sudah terlalu banyak membuat kenakalan di sekolahnya.

Kemudian si Tom pun masuk ke dalam suatu geng. Dimana geng itu geng yang kurang baik. Mereka suka melakukan pencurian dan suatu hari Tom pun tertangkap bersama Cheng Cai, mereka ketahuan mencuri. Dan tertangkap polisi. Polisi meminta tebusan sebesar 2000 $ singapura, sebagai uang tutup mulut. Kalau tidak diberikan mereka berdua akan dimasukkan ke penjara.

Tom berusaha untuk mengumpulkan uang tebusan tersebut. Tom melihat celengan yang dikumpulkan oleh Jerry (yang dimana uang itu mau digunakannya untuk membayar sewa ayahnya supaya mau menonton konsernya Tom). Tetapi Tom merasa tidak tega dengan kakaknya, akhirnya ia pun meminjamkan uangnya kepada Jerry.

          Uang yang didapat Jerry dari Tom ternyata masih belum cukup. Dan terpaksa Jerry dan Cheng Cai mencuri kalung seorang nenek-nenek tua. Tetapi mereka berdua sadar, kalau mencuri itu tidak baik. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengembalikan kalung tersebut ke nenek tua itu. Tetapi mereka tetap saja disangka oleh masyarakat pencuri. Dan mereka pun dipukuli oleh massa. Dan ayahnya Cheng Cai  pun melihat anaknya yang sedang dipukuli massa. Ayahnya pun segera membantu Cheng Cai. Tetapi ayahnya harus terjatuh dari tangga dan dibawa ke rumah sakit untuk segera ditolong. Pada akhirnya ayah Cheng Cai pun meninggal dan Cheng Cai menjadi seorang petinju yang handal dan mengharumkan nama negaranya sendiri (Singapura).

          Tom pun merasa senang karena kedua orang tuanya dan kakaknya Jerry menonton pertunjukan konser Tom. Dan keluarga mereka pun menjadi bahagia dan harmonis. Nilai yang dapat kita ambil dari cerita ini adalah bagaimana seharusnya kita di dalam keluarga itu harus saling mengasihi, memperhatikan satu sama lain, membantu, harus bisa mambagi waktu secara baik untuk keluarga, tidak hanya urusan pekerjaan saja. Anak-anak memerlukan perhatian dari orang tuanya. Apalagi disaat-saat mereka sedang mencari jati dirinya seperi Tom dan Jerry. Mereka memerlukan bimbingan, arahan dan nasihat dari orang tuanya, supaya mereka tidak terjerumus ke pergaulan yang tidak baik. Demikian pun dengan kehidupan sehari-hari kita, dimana kita memerlukan peran orang tua untuk membimbing kita.

 

 

 

 

 

Ø KELEBIHAN

Film yang sangat bagus ,tema yang umum namun digarap dengan sangat rapih dan menarik sehingga asyik untuk disimak. Benar-benar sindiran terhadap kondisi keluarga modern saat ini. Dan juga sindiran kepada dunia pendidikan yang terlalu terpaku pada aturan sehingga tidak efektif dalam pengajaran.

 

 

Ø KEKURANGAN

Resolusi gambar dari film tersebut masih kurang bagus dikarenakan tahun pembuatan nya yang sudah lama. Dan perkataan kedua orang tua yang terlalu kasar, dan juga sering memukuli anak anaknya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

 

Ø KESIMPULAN

Film ini melihat realitas di era modern yang mana orang tua sibuk dengan pekerjaannya dan mengabaikan anaknya serta ke otoriteran orang tua terhadap anak-anaknya yang tidak memberikan kesempatan terhadap anaknya untuk beradaptasi dengan kedua orang tuanya dan orang tua tidak memberikan penyatuan atau integrasi terhadap keluarganya karena waktu yang habis dalam jam kerja dan kesibukan masing-masing. Dari film I’m not stupid too bahwa untuk dapat keseimbangan dalam keluarga dipelukan agil supaya keluarga berjalan sesuai dengan fungsinya dan tercipta keseimbangan.

Film ini juga menceritakan untuk mendidik  anak dengan kasih sayang, dan kekerasan  bukanlah cara yang tepat untuk membuat anak menjadi baik dan berguna. Hargai setiap potensi yang anak punya, jangan terpaku pada kejelekannya, tetepi kembangkan potensi yang ada.

 

Ø Saran

Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film tersebut, film I’M Not Stupid Too menceritakan tentang keluarga yang modern. Mereka memerlukan bimbingan, arahan dan nasihat dari orang tuanya, supaya mereka tidak terjerumus ke pergaulan yang tidak baik. Demikian pun dengan kehidupan sehari-hari kita, dimana kita memerlukan peran orang tua untuk membimbing kita.
 
 
 
*BTW ini tugas B.Indo gue kelas XI , kurang lebihnya mohon maaf. heheheh..

1 komentar:

  1. setelah kita membaca ceritanya apa yang akan kamu lakukanterhadap keluargamu??

    BalasHapus